Selasa, 27 Desember 2016

A. RANCANGAN ASSURE

No.
TAHAP
1.
Analyse of Learner
Karakteristik Umum
a) Grade : 16-18 tahun (kelas XI SMA/MA)
b) Kondisi lingkungan tempat tinggal familiar terhadap perkembangan teknologi
c) Mayoritas perekonomian keluarga menengah ke atas (memiliki laptop/ komputer di rumah).
Karakteristik Khusus
a)   Pengetahuan awal : Siswa telah mengetahui cara penggunaan laptop/ komputer.
b)  Pengetahuan/ kemampuan prasyarat : Siswa mampu menggunakan media pembelajaran berbasis IT
c)   Keterampilan : Siswa terampil dalam penggunaan pembelajaran berbasis IT
d)  Sikap :  diharapkan siswa lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran berbasis IT
e)   Gaya Belajar : Audio Visual
Karakteristik Materi
Audio Visual
2.
State of Objectives (Tujuan Media Pembelajaran)
Audience (siswa)
1.   Kompetensi Dasar :
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
 2.  Kompetensi inti :
Mengidentifikasi dan menjelaskan struktur, dan fungsi organ reproduksi pada manusia.
Behavior
(tindakan)
a.      Peserta didik dapat memahami struktur organ reproduksi pada manusia
b.      Peserta didik dapat mengaitkan struktur organ dan fungsi organ reproduksi pada manusia
Condition (materi)
Sistem reproduksi manusia memiliki cangkupan materi yang luas
Degree
(tingkatan)
a)      Aspek Kognitif  (Pengetahuan): Peserta didik kelas XI SMA/MA diharapkan lebih memahami materi Sistem Reproduksi Manusia dengan menggunakan modul berbasis IT (modul elektronik)
b)     Aspek Afektif (sikap/attitude): Peserta didik kelas XI SMA/ MA memiliki sikap kritis jika dihadapkan dengan suatu permasalahan.
c)      Aspek Psikomotorik (keterampilan): Keterampilan menggunakan modul berbasis IT (modul elektronik)
3.
Select Method, Media, Material
Metode
Problem Based
Media
Video tentang sistem reproduksi manusia
Bahan Ajar
Modul berbasis IT (modul elektronik) tentang sistem reproduksi manusia
Waktu
2 x 45 menit
4.
Utilize of Technology Media
Bahan Ajar
a)     Preview the Materials (Kaji bahan ajar)
b)     Prepare the Materials (Siapkan bahan ajar)
c)      Prepare Environment (Siapkan lingkungan)
d)     Prepare the Learners (Siapkan peserta didik)
e)      Provide the Learning Experience (Tentukan pengalaman belajar)
Lingkungan Belajar
Sekolah dan rumah
Materi
Modul berbasis IT (modul elektronik) mengenai struktur dan fungsi organ reproduksi manusia
Pengalaman Belajar
v Peserta didik dapat memperoleh informasi secara lengkap mengenai materi organ reproduksi manusia dari modul elektronik
v Peserta didik mengetahui cara penggunaan modul elektronik.
5.
Require Learner Participation
Aktifitas Peserta Didik
Menggunakan metode problem based:
v Identifikasi masalah
v Mendefinisikan
v Menyebutkan satu persatu
v Menganalisis
v Membuat daftar
v Mengoreksi diri sendiri
Aktif dalam pembelajaran
a)     Menyampaikan argumen
b)     Dapat mengajukan pertanyaan yang berkaitan tentang pokok bahasan materi reproduksi
c)      Dapat memberikan komentar terhadap argumen yang disampaikan orang lain
d)     Keterampilan berkomunikasi dalam diskusi
6.
Evaluate and Revise
Evaluasi
Berupa tes kognitif untuk menilai kemampuan pengetahuan peserta didik dan tes kinerja melalui portofolio untuk menilai keterampilan yang dimiliki peserta didik
Revisi
Remidiasi dari tes kognitif dan menganalisis dari penerapan model yang diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar