|
No.
|
TAHAP
|
||
|
1.
|
Analyse
of Learner
|
Karakteristik
Umum
|
a) Grade
: 16-18 tahun (kelas XI SMA/MA)
b) Kondisi lingkungan
tempat tinggal familiar terhadap perkembangan teknologi
c)
Mayoritas perekonomian keluarga
menengah ke atas (memiliki laptop/ komputer di rumah).
|
|
Karakteristik
Khusus
|
a)
Pengetahuan
awal : Siswa telah mengetahui cara penggunaan laptop/
komputer.
b) Pengetahuan/ kemampuan prasyarat
: Siswa
mampu menggunakan media pembelajaran berbasis IT
c)
Keterampilan
: Siswa
terampil dalam penggunaan pembelajaran berbasis IT
d) Sikap : diharapkan siswa
lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran berbasis IT
e)
Gaya
Belajar : Audio Visual
|
||
|
Karakteristik
Materi
|
Audio
Visual
|
||
|
2.
|
State
of Objectives (Tujuan Media Pembelajaran)
|
Audience
(siswa)
|
1. Kompetensi Dasar :
Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel
kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI,
serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.
2. Kompetensi inti :
Mengidentifikasi dan menjelaskan
struktur, dan fungsi organ reproduksi pada manusia.
|
|
Behavior
(tindakan)
|
a. Peserta
didik dapat memahami struktur organ reproduksi pada manusia
b. Peserta
didik dapat mengaitkan struktur organ dan fungsi organ reproduksi pada
manusia
|
||
|
Condition
(materi)
|
Sistem
reproduksi manusia memiliki cangkupan materi yang luas
|
||
|
Degree
(tingkatan)
|
a) Aspek Kognitif (Pengetahuan): Peserta
didik kelas XI SMA/MA diharapkan lebih memahami materi Sistem Reproduksi
Manusia dengan menggunakan modul berbasis IT (modul elektronik)
b) Aspek Afektif (sikap/attitude): Peserta
didik kelas XI SMA/ MA memiliki sikap kritis jika dihadapkan dengan suatu
permasalahan.
c)
Aspek
Psikomotorik (keterampilan): Keterampilan
menggunakan modul berbasis IT (modul elektronik)
|
||
|
3.
|
Select
Method, Media, Material
|
Metode
|
Problem
Based
|
|
Media
|
Video
tentang sistem reproduksi manusia
|
||
|
Bahan
Ajar
|
Modul berbasis IT
(modul elektronik) tentang sistem reproduksi manusia
|
||
|
Waktu
|
2 x 45 menit
|
||
|
4.
|
Utilize
of Technology Media
|
Bahan
Ajar
|
a)
Preview the Materials (Kaji bahan ajar)
b)
Prepare the Materials (Siapkan bahan ajar)
c)
Prepare Environment (Siapkan lingkungan)
d)
Prepare the Learners (Siapkan peserta didik)
e)
Provide the Learning Experience (Tentukan pengalaman belajar)
|
|
Lingkungan
Belajar
|
Sekolah dan rumah
|
||
|
Materi
|
Modul berbasis IT (modul elektronik)
mengenai struktur dan fungsi organ reproduksi manusia
|
||
|
Pengalaman
Belajar
|
v Peserta
didik dapat memperoleh informasi secara lengkap mengenai materi organ
reproduksi manusia dari modul elektronik
v Peserta
didik mengetahui cara penggunaan modul elektronik.
|
||
|
5.
|
Require
Learner Participation
|
Aktifitas
Peserta Didik
|
Menggunakan
metode problem based:
v Identifikasi
masalah
v Mendefinisikan
v Menyebutkan
satu persatu
v Menganalisis
v Membuat
daftar
v Mengoreksi
diri sendiri
|
|
Aktif
dalam pembelajaran
|
a)
Menyampaikan argumen
b)
Dapat mengajukan pertanyaan yang
berkaitan tentang pokok bahasan materi reproduksi
c)
Dapat memberikan komentar
terhadap argumen yang disampaikan orang lain
d)
Keterampilan berkomunikasi dalam
diskusi
|
||
|
6.
|
Evaluate
and Revise
|
Evaluasi
|
Berupa tes kognitif untuk menilai
kemampuan pengetahuan peserta didik dan tes kinerja melalui portofolio untuk
menilai keterampilan yang dimiliki peserta didik
|
|
Revisi
|
Remidiasi dari tes kognitif dan
menganalisis dari penerapan model yang diterapkan.
|
||
Selasa, 27 Desember 2016
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar